Monday 13 July 2015

No Comment

Harga Rp. 200.000,-

Pasang Surut Kulit Berwana karya Lothorp Stoddard ini pertama kali terbit pada 1920 dengan judul The Rising Tide of Color  dan merupakan salah satu buku yang dibaca dan  menginspirasi Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan RI. Karenanya ketika Bung Karno menjadi presiden pertama RI, beliau pulalah yang memprakarsai proyek penerjemahan buku ini.
Buku yang isinya banyak dikutip Bung Karno dalam pidato-pidatonya ini terbit pada 1966 dalam bahasa Indonesia dan diberi kata pengantar oleh Presiden Sukarno.  Atas sarannya pula ditambahlah satu bab suplemen yang berjudul “Pasang Naik Gerakan Nasional di Indonesia” yang ditulis oleh salah satu staf Presiden Soekarno.
Kini buku yang membahas fenomena kebangkitan bangsa-bangsa kulit berwarna – diantaranya meliputi benua Asia Afrika –  yang dapat mematahkan supremasi bangsa kulit putih ini dicetak ulang oleh Museum Konperensi Asia Afrika dengan penyesuaian ejaan dari ejaan lama (Soewandi) menjadi EYD (Ejaan yang Disemprunakan) sehingga generasi  muda saat ini dapat lebih mudah membaca dan memahaminya.
Pada bagian lampiran buku ini disertakan juga Kata Pengantar  Presiden Sukarno, Pengantar Kata Panitia Penerbit, serta Prakata Penulis yang diambil langsung (foto reproduksi) dari buku cetakan pertamanya sehingga pembaca dapat mengetahui keaslian sumber tulisan buku ini.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer